Saturday, September 2, 2017

Perubahan Sistem Urinaria Lansia



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Seiring perjalanan dan pertambahan usia, proses penuaanpun terus berlangsung dan menimbulkan berbagai macam perubahan. Tubuh akan mengalami perubahan-perubahan padastruktur dan fisiologis dari berbagai sel, jaringan, ataupun organ dan sistem yang menyebabkan involusi dan degenerasi. Organ tubuh pun mulai mengalami kemunduran, baik fisik maupun mental. Pada orang lanjut usia terjadi perubahan-perubahan yang menuntut dirinya menyesuaikan diri secara terus menerus. Apabila proses penyesuaian diri dengan lingkungannya kurang berhasil, maka timbulah berbagai masalah (Sunaryo,dkk, 2015). Menurut Nugroho Wahyudi (2000) dalam Sunaryo, dkk (2015) perubahan-perubahan yang terjadi pada lansia meliputi perubahan fisik, yang meliputi sel dan berbagai sistem dalam tubuh, salah satunya adalah perubahan pada sistem urinaria.
Pola eliminasi urine merupakan salah satu perubahan fisik yang akan dialami oleh usia lanjut, salah satunya dalam proses berkemih, seperti merasakan keluarnya urin dalam bentuk beberapa tetes pada saat sedang batuk, jogging atau berlari. Bahkan ada juga yang mengalami kesulitan menahan urin sehingga keluar sesaat sebelum berkemih. Semua gejala ini disebut dengan inkontinensia urin (Suparman dan Rospas, 2008).
Perubahan yang terjadi pada lansia dengan sistem perkemihan yaitu penurunan tonus otot vagina dan otot pintu saluran kemih (uretra) yang disebabkan oleh penurunan hormone esterogen, sehingga menyebabkan terjadinya inkontinensia urine, otot–otot menjadi lemah, kapasitasnya menurun sampai 200 ml atau menyebabkan frekwensi berkemih meningkat, perubahan letak uterus akan menarik otot–otot vagina dan bahkan kandung kemih dan rectum seiring dengan proses penurunan ini, masalah tekanan dan perkemihan (inkontinensia urine) akibat pergeseran kandung kemih. Fungsi sfingter yang terganggu menyebabkan kandung kemih bocor bila batuk atau bersin, biasanya juga disebabkan oleh kelainan disekeliling daerah saluran kencing, fungsi otak besar yang terganggu dan mengakibatkan kontraksi kandung kemih, terjadi hambatan pengeluaran urine sehingga urine yang keluar sedikit (Brunner&Suddarth,2002).
Inkontinensia memunculkan banyak komplikasi sekunder bagi individu lansia, termasuk dampak fisiologis, sosial, psikologis, dan ekonomi. Gangguan inkontinensia urine dapat ditangani dengan latihan memperkuat otot dasar pelvis (senam kegel), bladder training, dan voiding record (catatan berkemih). Inkontinesia merupakan pengeluaran urine secara tidak sadar yang sering terjadi pada orang tua dan menyebabkan meningkatnya risiko infeksi saluran kemih, masalah psikologis dan isolasi sosial. lnkontinensia sering tidak dilaporkan, karena penderita merasa malu dan juga menganggap tidak ada yang dapat menolongnya. Dari penelitian pada populasi lanjut usia di masyarakat, didapatkan 75% dari pria dan 12% dari wanita diatas 70 tahun mengalami inkontinensia urin. Sedangkan mereka yang dirawat di psikogeriatri 15-50% menderita inkontinensia urin (Fatimah, 2010).
Berdasarkan perubahan-perubahan yang terjadi pada lanjut usia tersebut, perubahan sistem perkemihan merupakan salah satu masalah besar yang banyak dialami lansia dan perlu mendapat perhatian khusus seiring dengan meningkatnya populasi lanjut usia di Indonesia. Oleh karena itu, penulis membuat makalah yang berjudul “Perubahan Sistem Perkemihan Pada Lanjut Usia”.
B.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
a.       Mengetahui Perubahan yang Terjadi pada Sistem Perkemihan Lanjut Usia
2.      Tujuan Khusus
a.       Untuk Mengetahui Anatomi dan Fisiologi Sistem Urinani
b.      Untuk Mengetahui Perubahan yang Terjadi pada Sistem Perkemihan Lanjut Usia
c.       Untuk Mengetahui Dampak yang Terjadi Akibat Perubahan pada Sistem Perkemihan Lanjut Usia
d.      Untuk Mengetahui Penatalaksanaan dari Perubahan yang Terjadi pada Sistem Perkemihan Lanjut Usia
e.       Untuk Mengetahui Pengaruh Perubahan Sistem Urinari Terhadap Psikologis
f.       Untuk Mengetahui Konsep Senam Kegel

C.    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Anatomi dan Fisiolog dari Sistem Urinani?
2.      Bagaimanakah Perubahan yang Terjadi pada Sistem Perkemihan Lanjut Usia?
3.      Apa Saja Dampak yang Terjadi Akibat Perubahan pada Sistem Perkemihan Lanjut Usia?
4.      Bagaimana Penatalaksanaan dari Perubahan yang Terjadi pada Sistem Perkemihan Lanjut Usia?
5.      Apakah Pengaruh Perubahan Sistem Urinari Terhadap Psikologis?
6.      Apa yang dimaksud Senam Kegel?



BAB II
TINJAUAN TEORI

A.    Anatomi dan Fisiologi Sitem Urinaria
Sistem perkemihan merupakan organ vital dalam melakukan ekskresi dan melakukan eliminasi sisa-sisa hasil metabolisme tubuh (Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014). Sedangkan menurut Nuari dan Widayati (2017), sistem Perkemihan atau sistem urologi merupakan suatu sistem dimana terjadinya proses penyaringan darah sehingga darah bebas dari zat-zat yang tidak dipergunakan oleh tubuh dan menyerap zat-zat yang masih dipergunakan oleh tubuh. Zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh larut dalam air dan dikelurkan berupa urine. Selain mempunyai fungsi eliminasi, sistem perkemihan juga mempunyai fungsi lainnya, yaitu sebagai berikut.
1.      Meregulasi volume darah dan tekanan darah dengan mengeluarkan sejumlah cairan kedalam urine dan melepaskan eritropoetin, serta melepaskan renin.
2.      Meregulasi konsentrasi plasma dari sodium, potasium, klorida, dan mengontrlon kuantitas ion-ion lainnya kedalam urine, serta menjaga batas ion kalsium dengan menyintesis karsitrol
3.      Mengonstribusi stabilisasi pH darah dengan mengontrol jumlah keluarnya ion hidrogen dan ion bikarbonat kedalam urine
4.      Menghemat pengeluaran nutrisi dengan memelihara ekskresi pengeluaran nutrisi tersebut pada saat eliminasi produk sisa, terutama pada saat pembuangan nitrogen seperti urea dan asam urat
5.      Membantu organ hati dalam mendetoksikasi racun selama kelaparan, deaminasi asam amino yang dapat merusak jaringan (Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014).
Sistem perkemihan terdiri atas ginjal,ureter, kandung kemih, dan uretra. Untuk menjaga fungsi ekskresi, sistem perkemihan mempunyai dua ginjal. Organ ini memproduksi urine yang berisikan air, ion-ion, senyawa-senyawa, solut yang kecil. Urine meninggalkan kedua ginjal dan melewati sepasang ureter menuju dan ditampung sementara pada kandung kemih. Proses ekskresi urine dinamakan miksi, terjadi ketika adanya kontraksi dari otot-otot kandung kemih menekan urine untuk keluar melalui uretra dan keluar dari tubuh. (Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014).
1.      Ginjal



Gambar 2.1 (Sumber: Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014)
Ginjal merupakan suatu organ yang terletak retroperitoneal pada dinding abdomen di kanan dan kiri columna vertebralis setinggi vertebra T12 hingga L3. Ginjal kanan terletak lebih rendah dari yang kiri karena besarnya lobus hepar. Ginjal dibungkus oleh tiga lapis jaringan. Jaringan yang terdalam adalah kapsula renalis, jaringan pada lapisan kedua adalah adiposa, dan jaringan terluar adalah fascia renal. Ketiga lapis jaringan ini 9 berfungsi sebagai pelindung dari trauma dan memfiksasi ginjal (Tortora, 2011).
Ginjal memiliki korteks ginjal di bagian luar yang berwarna coklat terang dan medula ginjal di bagian dalam yang berwarna coklat gelap. Korteks ginjal mengandung jutaan alat penyaring disebut nefron. Setiap nefron terdiri dari glomerulus dan tubulus. Medula ginjal terdiri dari beberapa massa-massa triangular disebut piramida ginjal dengan basis menghadap korteks dan bagian apeks yang menonjol ke medial. Piramida ginjal berguna untuk mengumpulkan hasil ekskresi yang kemudian disalurkan ke tubulus kolektivus menuju pelvis ginjal (Tortora, 2011).
Ginjal menjalankan fungsi yang vital sebagai pengatur volume dan komposisi kimia darah dan lingkungan dalam tubuh dengan mengekresikan zat terlarut dan air secara selektif. Fungsi vital ginjal dicapai dengan filtrasi plasma darah melalui glomerulus dengan reabsorpsi sejumlah zat terlarut dan air dalam jumlah yang sesuai di sepanjang tubulus ginjal. Kelebihan zat terlarut dan air di eksresikan keluar tubuh dalam urin melalui sistem pengumpulan urin (Price dan Wilson, 2012).
Ginjal memiliki berbagai fungsi antara lain, ekskresi produk sisa metabolisme dan bahan kimia asing, pengaturan keseimbangan air dan elektrolit, pengaturan osmolaritas cairan tubuh, pengaturan keseimbangan asam dan basa, sekresi dan eksresi hormon dan glukoneogenesis (Guyton & Hall, 2008). Sedangkan, menurut Sherwood (2011), ginjal memiliki fungsi yaitu:
a.       Mempertahankan keseimbangan H2O dalam tubuh.
b.      Memelihara volume plasma yang sesuai sehingga sangat berperan dalam pengaturan jangka panjang tekanan darah arteri.
c.       Membantu memelihara keseimbangan asam basa pada tubuh.
d.      Mengekskresikan produk-produk sisa metabolisme tubuh.
e.       Mengekskresikan senyawa asing seperti obat-obatan.
Ginjal mendapatkan darah yang harus disaring dari arteri. Ginjal kemudian akan mengambil zat-zat yang berbahaya dari darah. Zat-zat yang diambil dari darah pun diubah menjadi urin. Urin lalu akan dikumpulkan dan dialirkan ke ureter. Setelah ureter, urin akan ditampung terlebih dahulu di kandung kemih. Bila orang tersebut merasakan keinginan berkemih dan keadaan memungkinkan, maka urin yang ditampung dikandung kemih akan di keluarkan lewat uretra (Sherwood, 2011).
Tiga proses utama akan terjadi di nefron dalam pembentukan urin, yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan sekresi. Pembentukan urin dimulai dengan filtrasi sejumlah besar cairan yang hampir bebas protein dari kapiler glomerulus ke kapsula Bowman. Kebanyakan zat dalam plasma, kecuali protein, di filtrasi secara bebas sehingga konsentrasinya pada filtrat glomerulus dalam kapsula bowman hampir sama dengan plasma. Awalnya zat akan difiltrasi secara bebas oleh kapiler glomerulus tetapi tidak difiltrasi, kemudian di reabsorpsi parsial, reabsorpsi lengkap dan kemudian akan dieksresi (Sherwood, 2011).
2.      Ureter
Ureter adalah organ yang berbentuk tabung kecil yang berfungsi mengalirkan urine dari pielum ginjal kedalam kandung kemih. Pada orang dewasa panjangnya kurang lebih 20 cm. (Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014).
Ureter terdiri dari 2 saluran pipa, masing-masing bersambung dari ginjal ke kandung kemih. Ureter sebagian terletak dalam rongga abdomen dan sebagian terletak dalam rongga pelvis. Lapisan dinding ureter terdiri dari dinding luar jaringan ikat (jaringan fibrosa), lapisan tengah otot polos dan lapisan sebelah dalam lapisan mukosa.
Gambar 2.2 Lapisan dinding ureter (Sumber : Nauri dan Widayati, 2017)
Lapisan dinding ureter menimbulkan gerakan-gerakan peristaltik tiap 5menit sekali yang akan mendorong air kemih masuk kedalam kandung kemih (vesika urinaria). Gerakan peristaltik mendorong urine melalui ureter yang diekskresikan oleh ginjal dan disemprotkan dalam bentuk pancaran, melalui osteum uretralis masuk ke dalam kandung kemih (Nuari dan Widayati, 2017).
3.      Kandung Kemih
Kandung kemih adalah organ berongga yang terdiri atas 3 lapis otot detrusor yang saling beranyaman (Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014). Kandung kemih dapat mengembang dan mengempis seperti balon karet, terletak di belakang simfisis pubis di dalam rongga panggul. Bentuk kandung kemih seperti kerucut yang dikelilingi oleh otot yang kuat. Dinding kandung kemih terdiri dari beberapa lapisan yaitu, peritonium (lapisan sebelah luar), tunika muskularis, tunika submukosa, dan lapisan mukosa (lapisan bagian dalam). Bagian vesika urinaria terdiri dari:
a.       Fundus, yaitu bagian yang menghadap ke arah belakang dan bawah, bagian ini terpisah dari rektum oleh spatium rectosivikale yang terisi oleh jaringan ikat duktus deferent, vesika seminalis dan prostat pada laki-laki.
b.      Korpus, yaitu bagian antara verteks dan fundus
c.       Verteks, bagian yang menuju ke arak muka dan berhubungan dengan ligamentum vesika umbilikalis (Nuari dan Widayati, 2017).
Kandung kemih berfungsi menampung urine dari ureter dankemudian mengelurkannya melalui uretra dalam mekanisme miksi. Dalam menampung urine, kandung kemih mempunyai kapasitas maksimal, dimana pada orang dewasa besarnya adalah kurang lebih 300-450 ml. Pada saat kosong, kenadung kemih terletak dibelakang simfisis pubis dan pada saat penuh berada diatas simfisis sehingga dapat dipalpasi atau diperkusi. (Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014).
4.      Uretra
Uretra merupakan tabung yang menyalurkan urine keluar dari kandung kemih melalui proses miksi. Pada pria, organ ini berfungsi juga dalam menyalurkan cairan mani. (Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014). Pada laki-laki uretra berjalan berkelok-kelok melalui tengah-tengah prostat kemudian menembus lapisan fibrosa yang menembus tulang pubis kebagian penis. Panjangnya sekitar 20 cm. Uretra pada laki-laki terdiri dari uretra prostatica, uretra membranosa dan uretra kavernosa. Apisan uretra laki-laki terdiri dari lapisan mukosa dan lapisan sub mukosa (Nuari dan Widayati, 2017).
Uretra pada wanita terletak dibelakang simfisis pubis, berjalan miring sedikit kearah atas, panjangnya sekitar 3-4 cm. Paisan uretra pada wanita terdiri dari tunika muskularis, lapisan spongeosa merupakan pleksus dari vena-vena, dan lapisan mukosa. Muara uretra pada wanita terletak disebelah atas vagina (antara klitoris dan vagina) dan uretra disini hanya sebagai saluran eksresi (Nuari dan Widayati, 2017).
Uretra dilengkapi oleh sfingter uretra interna yang terletak pada perbatasan kandung kemih dan uretra, serta sfingter uretra eksterna yang terletak pada perbatasan uretra anterior dan posterior. Sfingter uretra interna teridi atas otot polos yang dipersarafi oleh sistem simpatik sehingga pada saat kandung kemih penuh, sfingter ini terbuka. Sfingter uretra eksterna terdiri atas otot bergaris dipersarafi oleh sistem somatik yang dapat diperintah sesuai dengan keinginan seseorang. Pada saat BAK sfingter ini terbuka dan tertutup pada saat menahan urine. (Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014).
B.     Perubahan Yang Terjadi Pada Sistem Urinaria
1.      Ginjal
Merupakan alat untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh, melalui urine darah yang masuk ke ginjal disaring oleh satuan (unit) terkecil dari ginjal yang disebut nerfon (tempatnya di glomerulus). Kemudian mengecil dan nefron menjadi atrofi, aliran darah ginjal menurun sampai 50 % fungsi tubulus berkurang akibat kurangnya kemampuan mengkonsentrasi urin, berat jenis urin menurun proteinuria (biasanya 1+), BUN (Blood Urea Nitrogen) meningkat sampai 21 mg%, nilai ambang ginjal terhadap glukosa meningkat (Priyoto, 2015).
2.      Otot-otot kandung kemih menjadi lemah, kapasitas menurun sampai 200 ml atau menyebabkan frekuensi buang air seni meningkat, vesika urinaria susah dikosongkan pada lanjut usia sehingga meningkatnya retensi urin. Pembesaran prostat +75 % dialami oleh pria berusia diatas 65 tahun (Priyoto, 2015).
3.      Perubahan Aliran Darah Ginjal Pada Lanjut Usia
Ginjal menerima sekitar 20% dari aliran darah jantung atau sekitar 1 liter per menit darah dari 40% hematokrit, plasma ginjal mengalir sekitar 600 ml/menit. Normalnya 20% dari plasma disaring di glomerulus dengan GFR 120 ml/menit atau sekitar 170 liter per hari. Penyaringan terjadi di tubular ginjal dengan lebih dari 99% yang terserap kembali meninggalkan pengeluaran urin terakhir 1-1,5 liter per hari.
Dari beberapa penelitian pada lansia yang telah dilakukan, memperlihatkan bahwa setelah usia 20 tahun terjadi penurunan aliran darah ginjal kira-kira 10% per dekade, sehingga aliran darah ginjal pada usia 80 tahun hanya menjadi sekitar 300 ml/menit. Pengurangan dari aliran darah ginjal terutama berasal dari korteks. Pengurangan aliran darah ginjal mungkin sebagai hasil dari kombinasi pengurangan curah jantung dan perubahan dari hilus besar, arcus aorta dan arteri interlobaris yang berhubungan dengan usia.
4.      Perubahan Fungsi Ginjal Pada Lanjut Usia
Pada lansia banyak fungsi hemostasis dari ginjal yang berkurang, sehingga merupakan predisposisi untuk terjadinya gagal ginjal. Ginjal yang sudah tua tetap memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan fungsi hemostasis, kecuali bila timbul beberapa penyakit yang dapat merusak ginjal.
Penurunan fungsi ginjal mulai terjadi pada saat seseorang mulai memasuki usia 30 tahun dan 60 tahun, fungsi ginjal menurun sampai 50% yang diakibatkan karena berkurangnya jumlah nefron dan tidak adanya kemampuan untuk regenerasi. Beberapa hal yang berkaitan dengan faal ginjal pada lanjut usia antara lain :
a.       Fungsi konsentrasi dan pengenceran menurun.
b.      Keseimbangan elektrolit dan asam basa lebih mudah terganggu bila dibandingkan dengan usia muda.
c.       Ureum darah normal karena masukan protein terbatas dan produksi ureum yang menurun. Kreatinin darah normal karena produksi yang menurun serta massa otot yang berkurang. Maka yang paling tepat untuk menilai faal ginjal pada lanjut usia adalah dengan memeriksa Creatinine Clearance.
d.      Renal Plasma Flow (RPF) dan Glomerular Filtration Rate (GFR) menurun sejak usia 30 tahun.
5.      Perubahan Laju Filtrasi Glomerulus Pada Lanjut Usia
Salah satu indeks fungsi ginjal yang paling penting adalah laju filtrasi glomerulus (GFR). Pada usia lanjut terjadi penurunan GFR. Hal ini dapat disebabkan karena total aliran darah ginjal dan pengurangan dari ukuran dan jumlah glomerulus. Pada beberapa penelitian yang menggunakan bermacam-macam metode, menunjukkan bahwa GFR tetap stabil setelah usia remaja hingga usia 30-35 tahun, kemudian menurun hingga 8-10 ml/menit/1,73 m2/dekade.
Penurunan bersihan kreatinin dengan usia tidak berhubungan dengan peningkatan konsentrasi kreatinin serum. Produksi kreatinin sehari-hari (dari pengeluaran kreatinin di urin) menurun sejalan dengan penurunan bersihan kreatinin.
6.      Perubahan Fungsi Tubulus Pada Lanjut Usia
Aliran plasma ginjal yang efektif (terutama tes eksresi PAH) menurun sejalan dari usia 40 ke 90-an. Umumnya filtrasi tetap ada pada usia muda, kemudian berkurang tetapi tidak terlalu banyak pada usia 70, 80 dan 90 tahunan. Transpor maksimal tubulus untuk tes ekskresi PAH (paraaminohipurat) menurun progresif sejalan dengan peningkatan usia dan penurunan GFR.
Penemuan ini mendukung hipotesis untuk menentukan jumlah nefron yang masih berfungsi, misalnya hipotesis yang menjelaskan bahwa tidak ada hubungan antara usia dengan gangguan pada transpor tubulus, tetapi berhubungan dengan atrofi nefron sehingga kapasitas total untuk transpor menurun.
7.      Perubahan Pengaturan Keseimbangan Air Pada Lanjut Usia
Perubahan fungsi ginjal berhubungan dengan usia, dimana pada peningkatan usia maka pengaturan metabolisme air menjadi terganggu yang sering terjadi pada lanjut usia. Jumlah total air dalam tubuh menurun sejalan dengan peningkatan usia. Penurunan ini lebih berarti pada perempuan daripada laki-laki, prinsipnya adalah penurunan indeks massa tubuh karena terjadi peningkatan jumlah lemak dalam tubuh. Pada lanjut usia, untuk mensekresi sejumlah urin atau kehilangan air dapat meningkatkan osmolaritas cairan ekstraseluler dan menyebabkan penurunan volume yang mengakibatkan timbulnya rasa haus subjektif. Pusat-pusat yang mengatur perasaan haus timbul terletak pada daerah yang menghasilkan ADH di hypothalamus.
Pada lanjut usia, respon ginjal pada vasopressin berkurang bila dibandingkan dengan usia muda yang menyebabkan konsentrasi urin juga berkurang, Kemampuan ginjal pada kelompok lanjut usia untuk mencairkan dan mengeluarkan kelebihan air tidak dievaluasi secara intensif. Orang dewasa sehat mengeluarkan 80% atau lebih dari air yang diminum (20 ml/kgBB) dalam 5 jam.
C.    Dampak Yang Terjadi Akibat Perubahan Sistem Urinaria
1.      Inkontinensia Urine
a.       Pengertian
Inkontenensia terjadi akibat gangguan neurologis, atau mekanis pada sistem yang mengontrol fungsi berkemih normal. (Braunwald, dkk. 2002). Merupakan pengeluaran urine secara tidak sadar. sering pada orang tua dan menyebabkan meningkatnya risiko infeksi saluran kemih, masalah psikologis dan isolasi sosial (Fatimah, 2010).
b.      Etiologi
Seiring dengan bertambahnya usia, ada beberapa perubahan pada anatomi dan fungsi organ kemih, antara lain disebabkan melemahnya otot dasar panggul, kebiasaan mengejan yang salah ataupun karena penurunan estrogen. Kelemahan otot dasar panggul dapat terjadi karena kehamilan, setelah melahirkan, kegemukan (obesitas), menopause, usia lanjut, kurang aktivitas dan operasi vagina. Penambahan berat dan tekanan selama kehamilan dapat menyebabkan melemahnya otot dasar panggul karena ditekan selama sembilan bulan. Proses persalinan juga dapat membuat otot-otot dasar panggul rusak akibat regangan otot dan jaringan penunjang serta robekan jalan lahir, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya Inkontinensia urin. Dengan menurunnya kadar hormon estrogen pada wanita di usia menopause (50 tahun ke atas), akan terjadi penurunan tonus otot vagina dan otot pintu saluran kemih (uretra), sehingga menyebabkan terjadinya Inkontinensia urin. Faktor risiko yang lain adalah obesitas atau kegemukan, riwayat operasi kandungan dan lainnya juga berisiko mengakibatkan Inkontinensia urin. Semakin tua seseorang semakin besar kemungkinan mengalami Inkontinensia urin, karena terjadi perubahan struktur kandung kemih dan otot dasar panggul. Ini mengakibatkan seseorang tidak dapat menahan air seni. Selain itu, adanya kontraksi ( gerakan ) abnormal dari dinding kandung kemih, sehingga walaupun kandung kemih baru terisi sedikit, sudah menimbulkan rasa ingin berkemih. Resiko Inkontinensia urin meningkat pada wanita dengan nilai indeks massa tubuh yang lebih besar, riwayat histerektomi, infeksi urin, dan trauma perineal. Penyebab Inkontinensia urin antara lain terkait dengan gangguan di saluran kemih bagian bawah, efek obat-obatan, produksi urin meningkat atau adanya gangguan kemampuan / keinginan ke toilet ( Martin dan Frey, 2005 ; Setiati dan pramantara 2007 ).
c.       Manifestasi Klinis
1.      Inkontinensia stress :  Keluarnya urin selama batuk, mengedan, dan sebagainya. Gejala-gejala ini sangat spesifik untuk inkontinensia stress.
2.      Inkontinensia urgensi : ketidak mampuan menahan keluarnya urin dengan gambaran seringnya terburu-buru untuk berkemih.
3.      Enuresis nocturnal : 10% anak usian 5 tahun dan 5% anak usia 10 tahun mengompol selama tidur. Mengompol pada anak yang lebih tua merupakan sesuatu yang abnormal dan menunjukan adanya kandung kemih yang tidak stabil.
4.      Gejala infeksi urine (frekuensi, disuria, nokturia), obstruksi(pancara lemah, menetes), trauma (termasuk pembedahan, misalnya reseksi abdominoperineal), fistula (menetes terus menerus), penyakit neurologis (disfungsi seksual atau usus besar) atau penyakit sistemik (misalnya diabetes) dapat menunjukan penyakit yang mendasari.
5.      Ketidak nyamanan daerah pubis.
6.      Distensi vesika urinaria.
7.      Ketidak sanggupan untuk berkemih.
8.      Sering berkemih, saat vesika urinaria berisi sedikit urine (20-50 ml).
9.      Ketidak seimbangan jumlah urine yang dikeluarkan dengan asupannya.
10.  Meningkatkan keresahan dan keinginanan berkemih.
11.  Adanya urine sebanyak 3000-4000 ml dalam kandung kemih.
12.  Tidak merasakan urine keluar.
13.  Kandung kemih terasa penuh walaupun telah buang air kecil. (Potter & Perry: 2006)
d.      Jenis Inkontinensia
Menurut Fatimah (2010) inkontinensia dibagi menjadi inkontinensia akut dan kronik.
1)      Inkontinensia akut atau transient bersifat tiba-tiba, biasanya berhubungan dengan kondisi pengobatan atau pembedahan. Penyebab inkontinensia akut antara lain mobilitas teratas, fecal impaction, delirium, infeksi saluran kemih, dm tak terkontrol, hiperkalsemia, pengobatan antikolinergik/alpha bloker, diurektic, paikotropik, narkotika dan alkohol.
2)      Inkontinensia kronik atau persisten terbagi menjadi stress inkontinensia, urge inkontinensia, overflow inkontinensia dan fungsional inkoninensia. Stress inkontinensia biasa terjadi pada lansia wanita. Terjadi akibat adanya kelemahan otot-otot di sekitar uretra karena kehamilan, kelahiran per vaginam, trauma pembedahan, obesitas dan batuk kronis. Pada pria stress inkontinensia tidak biasa terjadi tetapi dapat terjadi apabila ada pembedahan prostate dan terapi radiasi. Urge inkontinensia pada lansia biasanya dihubungkan dengan ketidakseimbangan otot destrusor akibat dari tumor, batu, juga stroke dan penyakit parkinson. Dihubungkan dengan nokturia. Overflow inkontinensia ditandai dengan keluhan sering miksi dengan volume urine yang sedikit, sulit memulai miksi dan merasa tidak lampias. Biasanya terjadi pada neurophaty diabetic, injuri tulang belakang, hipertropi prostate dan multiple sclerosis. Fungsional inkontinensia terjadi akibat ketidakmampuan ke toilet. Akibat faktor fisik, mental, psikologis dan lingkungan (Fatimah, 2010).
e.       Penatalaksanaan Inkontinensia Urine
1)      Bladder training.
2)      Latihan otot-otot dasar pelvic (Kegel 's exercise).
3)      Biofeedback.
4)      Toileting terjadwal.
5)      Penggunaan pads.
6)      lndwelling kateter, jika retensi urine tidak dapat dikoreksi secara medis/pembedahan dan untuk kenyamanan klien terakhir.
D.    Pengaruh Perubahan Sistem Urinaria Terhadap Psikologis
Kelainan Inkontinensia urin sendiri tidak mengancam jiwa penderita, tetapi berpengaruh pada kualitas hidup yang disebabkan oleh faktor gangguan psikologis dan faktor sosial yang sulit diatasi. Penderita merasa rendah diri karena selalu basah akibat urin yang keluar, mungkin pada saat batuk, bersin, mengangkat barang berat, bersanggama, bahkan kadang pada saat beristirahat dan setiap saat harus memakai kain pembalut.
a.       Hubungan antara inkontinensia urine dengan depresi
Depresi merupakan penyakit mental yang sering dijumpai pada usia lanjut. Prevalensi terbesar terjadi pada usia lanjut diatas 60 tahun. Beberapa faktor seperti : faktor biologis, psikologis, sosial, penyakit fisis, gangguan neurologis, taraf kesehatan yang menurun, kehilangan pasangan hidup dan rasa aman serta lingkungan dapat menjadikan usia lanjut rentan mengalami gangguan depresi. Gangguan kesehatan yang berkelanjutan dan terusmenerus dapat memperberat depresi itu sendiri. Pada usia lanjut terjadi gangguan kesehatan dan penurunan fungsi tubuh dan kognitif. Salah satu gangguan kesehatan yang sering dijumpai pada usia lanjut adalah Inkontinensia urin. Namun demikian gangguan kesehatan ini seringkali tidak mendapatkan perhatian dan perawatan medis yang seharusnya. Pandangan salah yang berpendapat bahwa Inkontinensia urin merupakan bagian normal dari proses menua menyebabkan masalah ini lepas dari perhatian kalangan masyarakat maupun tenaga medis. Keadaan ini menjadikan masalah Inkontinensia urin berkembang menjadi lebih buruk dan berakhir pada komplikasi medis yang lainnya. Salah satunya komplikasinya berupa gangguan psikologis yang berupa depresi. Tingkat berat dan ringannya depresi ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kematangan individu, tingkat pendidikan, kepribadian mental dan progesivitas penyakit yang sedang dialami. Inkontinesia urin berkepanjangan dapat membawa pada kondisi atau status depresi yang semakin berat dan pada akhirnya akan menimbulkan permasalahan baru seperti gangguan aktivitas dan pekerjaan, interaksi sosial, pola tidur, masalah seksual yang semua itu akan mengurangi kualitas hidup usia lanjut ( Setiati et al, 2007).
Menurut penelitian yang dilakukan Devrisa Nova Fernandes (2010) tentang “Hubungan Inkontinensia Urine Dengan Derajat Depresi Wanita Usia Lanjut” didapatkan hasil adanya hubungan antara Inkontinensia urin dengan derajat depresi pada wanita usia lanjut. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2009 dengan 39 responden didapatkan dari Panti Dharma Bakti dan sisanya sebesar 34 didapatkan dari Posyandu Lansia binaan Puskesmas Manahan Surakarta.
Dalam penelitian ini, peneliti ingin membuktikan teori yang menyebutkan bahwa Inkontinensia urin yang terjadi pada usia lanjut dapat menyebabkan munculnya depresi. Dan peneliti lebih mengkhususkan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara bertambahnya tingkat Inkontinensia urin dengan derajat depresi yang dialami wanita usia lanjut. Beberapa hal di bawah ini disimpulkan peneliti ikut mempengaruhi hasil penelitian, diantaranya :
1.      Tingkat keparahan/progesivitas penyakit ( Inkontinensia urin ). Semakin tingkat keparahan dari penyakit maka akan semakin memberikan beban psikologis ( depresi, malu, rendah diri dan menjauh dari pergaulan sosial ).
2.      Kondisi Inkontinensia urin yang berat memberikan gangguan mobilitas dan beban psikologis bagi seseorang.
3.      Makin berat tingkatan Inkontinensia urin yang terjadi maka semakin membutuhkan perawatan medis yang lebih ( dampak ekonomi, sosial dan mental semakin besar )
4.      Penyakit lain yang dialami. Penyakit fisik ( tubuh ) yang berat, kronis dan menahun akan membawa kondisi mental individu yang bersangkutan menjadi stres, putus asa dan tidak memiliki gairah hidup.
E.     Konsep Senam Kegel
1.      Pengertian Senam Kegel
Latihan otot dasar panggul (ODP) dikembangkan pertama kali oleh Dr. Arnold Kegel pada tahun 1940 dengan tujuan menguatkan otot dasar panggul dan mengatasi stres inkontinensia urin. Latihan ini berupa latihan ODP secara progresif pada otot Levator ani yang dapat dikontraksikan secara sadar yang selanjutnya dikenal dengan Kegel Exercise. Kegel Exercise atau senam Kegel merupakan terapi non operatif yang paling sering dilakukan untuk mengatasi stress inkontinensia karena membantu meningkatkan tonus dan kekuatan otot pada uretra dan periuretra (Bobak, 2004 dalam Yanti, 2011).

2.      Manfaat Senam Kegel
Senam Kegel memiliki manfaat terkait dengan fungsi otot PC. Senam Kegel tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk wanita, tetapi juga pada pria.
a.       Bagi pria
Latihan ini akan meningkatkan kemampuan mengontrol dan mengatas ejaulasi dini, ereksi yang lebih kuat dan meningkatkan kepuasan seksual saat orgasme. Selain itu multiple orgasme juga bisa dialami oleh pria sebagai hasil dari latihan senam Kegel yang dilakukan secara teratur. Pada pria, senam ini juga akan mengangkat testis dan mengencangkan otot kremaster sama seperti mengencangkan sfingter ani. Hal ini disebabkan karena otot PC dimulai dari arah anus (Herdiana, 2009 dalam Yanthi, 2011).

b.      Bagi wanita
Keuntungan melakukan senam Kegel adalah lebih mudah mencapai orgasme dan orgasme yang dicapai lebih baik karena otot yang dilatih adalah otot yang digunakan selama orgasme. Manfaat lain adalah vagina akan semakin sensitif dan peka rangsang sehingga memudahkan peningkatan kepuasan seksual, dan suami akan merasakan perubahan yang sangat besar karena vagina mampu mencengkram penis lebih kuat. Memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir dan bagi wanita yang baru melahirkan, senam Kegel dapat mempercepat pemulihan kondisi vagina setelah melahirkan dan tentu saja dapat menguatkan otot rangka pada dasar panggul sehingga pemperkuat fungsi sfingter eksternal kandung kemih, mencegah prolaps uteri (Salma, 2008; Maryam, 2008 dalam Yanthi, 2011). Beberapa manfaat senam Kegel yaitu menguatkan otot panggul, membantu mengendalikan keluarnya urin saat berhubungan intim, dapat meningkatkan kepuasan saat berhubungan intim karena meningkatkan daya cengkram vagina, meningkatkan kepekaan terhadap rangsangan seksual, mencegah “ngompol kecil” yang timbul saat batuk atau tertawa, dan melancarkan proses kelahiran tanpa harus merobek jalan lahir serta mempercepat penyembuhan pasca persalinan (Mulyani, 2013).

3.      Indikasi Senam Kegel
Senam Kegel dianjurkan bagi wanita dan pria yang umumnya memiliki keluhan terkait lemahnya otot PC. Berikut adalah beberapa indikasi senam Kegel:
1)      Pria dan wanita yang memiliki masalah inkontinensia (tidak mampu menahan buang air kecil).
2)      Wanita yang sudah mengalami menopause untuk mempertahankan kekuatan otot panggul dari penurunan kadar estrogen.
3)      Wanita yang mengalami prolaps uteri (turunnya rahim) karena melemahnya otot dasar panggul, juga untuk wanita yang mengalami masalah seksual.
4)      Pria yang mengalami masalah ejakulasi dini serta ereksi lebih lama. (Ardani, 2010).

4.      Kontra Indikasi Senam Kegel
Penderita penyakit jantung yang dapat mengakibatkan nyeri dada saat melakukan gerakan minimal, penderita diabetes, penderita hipertensi, dan penderita penyakit kelamin (Hartati, 2009 dalam Ardani, 2010).

5.      Prosedur Senam Kegel
Senam Kegel dilakukan berdasarkan langkah-langkah yang dijelaskan sebagai berikut:
1)      Posisi berdiri tegak dengan posisi kaki lurus dan agak terbuka.
2)      Fokuskan konsentrasi pada kontraksi otot daerah vagina, uretra dan rectum.
3)      Kontraksikan ODP seperti saat menahan defekasi atau berkemih.
4)      Rasakan kontraksi ODP, pastikan kontraksi sudah benar tanpa adanya kontraksi otot abdominal, contohnya jangan menahan napas. Control kontraksi otot abdominal dengan meletakkan tangan pada perut.
5)      Pertahankan kontraksi sesuai kemampuan kurang lebih sepuluh detik.
6)       Rileks dan rasakan ODP dalam keadaan rileks.
7)      Kontraksikan ODP kembali, pastikan kontraksi otot sudah benar.
8)      Rileks dan coba rasakan otot-otot berkontraksi dan rileks.
9)      Sesekali percepat kontraksi, pastikan tidak ada kontraksi otot lain.
10)  Lakukan kontraksi yang cepat beberapa kali. Pada tahap awal, lakukan tiga kali pengulangan karena otot yang lemah mudah lelah.
11)  Target latihan ini adalah sepuluh kali kontraksi lambat dan sepuluh kali kontraksi cepat. Tiap kontraksi dipertahankan selama sepuluh hitungan. Lakukan enam hingga delapan kali selama sehari atau setiap saat.
12)  Senam Kegel dapat pula dilakukan secara sederhana dengan cara:
a.       Saat berkemih coba untuk menahan aliran urin sampai beberapa kali.
b.      Pada posisi apapun, coba lakukan kontraksi ODP. Pertahankan selama tiga sampai lima detik jika sudah terbiasa latihan dapat ditingkatkan menjadi sepuluh detik (Pudjiati, Sri Surini & Utomo; Di Fiori, 2005 dalam Ardani, 2010).









DAFTAR PUSTAKA


Ardani, N.M.K. (2010). Pengaruh Senam Kegel Terhadap Kontraksi Otot Dasar Panggul Pada Lansia Wanita Di Banjar Pegok Denpasar Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Denpasar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Bandiyah, Siti. 2009. Lanjut usia dan keperawatan gerontik. Yogyakarta : Nuha Medika
Brunner & Suddarth. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 Volume 2. Jakarta: EGC
Fatimah. 2010. Merawat Manusia Lanjut Usia Suatu Pendekatan Proses Keperawatan Gerontik. Jakarta : CV Trans Info Media.
Fernandes, Nova Devrisa. 2010. “Hubungan Antara Inkontinensia Urine Dengan Derajat Depresi Pada Wanita Usia Lanjut”. http://eprints.uns.ac.id/7435/1/112093003201010471.pdf diakses Agustus 2017
Guyton AC, Hall JE. 2008. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, edisi ke-6 . Jakarta: EGC.
Mulyani, S, 2013.  Yogyakarta: Nuha Medika.
Muttaqin, Arif, dan Kumala Sari. 2014. Asuhan Keperawatan Gangguan Sistem Perkemihan. Jakarta: Salemba Medika
Nuari, Nian Afrian, Dhina Widayati. 2017. Gangguan Pada Sistem Perkemihan & Penatalaksanaan Keperawatan. Yogyakarta: Deepublish Publisher
Potter & Perry. 2006. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC
Price SA, Wilson LM. 2012. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-proses Penyakit, edisi ke-6. Jakarta : EGC.
Priyoto. 2015. Nursing Intervention Classification (NIC) dalam Keperawatan Gerontik. Jakarta: Salemba Medika
Setiati S, Harimurti K, Roosheroe AG. 2007. Proses Menua dan Implikasi Kliniknya. Jakarta: Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Sherwood, Laura Iee. 2011. Fisiologi Manusia. Jakarta : EGC
Sunaryo,dkk. 2015. Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: CV Andi Offset
Suparman, D. & Rampas, J. 2008. Inkontinensia Urine pada Perempuan Menopause di Bagian Kebidanan dan Kandungan Universitas Sam Ratulangi, RSU Prof.Dr.R.D.Kandau, Manado. Manado : Maj Obset Ginekol Indonesia.
Tortora GJ, Derrickson B. 2011. Principles of Anatomy and Physiology Maintanance and Continuity of the Human Body 13th Edition. Amerika Serikat: John Wiley & Sons, Inc.
Yanti, Damai.dkk.2011. Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Bandung: Refika Aditama

No comments:

Post a Comment

Respon Psikologis Pasca Bencana

2.1   Psikologis Bencana Bencana adalah peristiwa atau kejadian pada suatu daerah yang mengakibatkan kerusakan ekologi, kerug...